X IPS 2 dan 3 (4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memerhatikan isi)

 KD : 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
          pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dands kebahasaan 

IPK : 4.4.1 Menulis wacana teks eksposisi dengan memerhatikan isi 


Assalamualaikum wr.wb 

anak - anak saleh dan saliha X ips 1,2, dan 3. Jangan lupa untuk sholat dhuha dan 5 waktunya yaa

Pembelajaran Bahasa Indonesia hari ini kita akan membuat sebuah teks eksposisi 

Topik : bebas

berikut ibu berikan penjelasan mengenai langkah - langkah mengonstruksi sebuah teks eksposisi


 

Cara Menyusun Teks Eksposisi

Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita akan lebih terarah dalam menyelesaikan tulisan kita. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut:

  1. Data faktual, yaitu kondisi yang benar-benar terjadi dan bisa bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja, bagaiman suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya.

Contoh : Pandemi Covid 19

Menentukan Tujuan

Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

Memilih Data yang Sesuai dengan Tema

Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

Membuat Kerangka Karangan

Sebelum mulai menyusun karangan eksposisi, hal yang perlu disusun terlebih dahulu adalah membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis. Dengan adanya kerangka karangan memudahkan kamu dalam mengembangkan pembahasan sesuai dengan batasan-batasan kerangka karangan yang sudah dibuat.

Pembahasan berdasarkan Kerangka Karangan

Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

Membuat Kesimpulan

Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.

 

Contoh teks Eksposisi 

Kebersihan Lingkungan

Tesis/Pernyataan Umum

Kebersihan di lingkungan kerja adalah sesuatu yang penting karena dapat memberikan pengaruh positif terhadapa peforma kerja seseorang dan membuat lingkungan disekitar tempat kerja nampak indah dan rapi.

Seyogyanya, kebersihan lingkungan  kerja mesti ditekankan kepada setiap karyawan. Cara yang paling sederhana adalah dengan membuang sampah (kertas, plastik, kertas cartoon dll) ke tempat sampah. Kemudian sehabis jam kerja menyapu ruangan yang dipakai untuk bekerja.

Keterangan

Pembagian tugas piket harian sudah menjadi salah satu cara yang dipakai guna menjaga kebersihan lingkungan kerja. Setiap karyawan yang telah ditugasi pada umumnya melakukan tugas sesuai yang telah disepakati bersama.

Misalnya menyapu ruang kerja, membersihkan sampah di meja, mengepel lantai dan membersihkan kaca. Pada setiap akhir pekan juga selalu diadakan piklet bersama dengan membersihkan seluruh area ruang kerja.

Simpulan

Kebersihan lingkungan kerja itu harus menjadi kesadaran bersama, karena hal tersebut adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan kerja.

Selain itu, menjanga kebersihan adalah salah satu bentuk ibadah dan menjaga kebersihan adalah salah satu ciri orang beriman. Sehingga jika bekerja sambil menjaga kebersihan tempat kerjanya maka seseorang akan terlihat baik di mata Tuhannya


Link pengumpulan Tugas : 

Form tugas membuat teks eksposisi 

Max file 1 GB

Deadline pengumpulan tugas : 17/09/2020 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer